Categories
Pendidikan Anak

Ringkasan Materi Pendidikan Anak Usia Dini Terlengkap

Anak usia dini memerlukan pendidikan yang cukup ekstra. Mengapa? karena pada masa ini otak berkembang dengan cukup pesat sehingga mudah untuk menerima ilmu. Tak hanya dari kehidupan sosial tempat tinggal, anak usia dini juga memerlukan materi pendidikan anak usia dini yang terpadu.

Melalui pendidikan PAUD tersebut, anak usia dini mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya dan cara berpikir abstrak. Mereka juga mulai diajarkan untuk mempresentasikan objek yang ditemuinya.

Materi Pendidikan Anak Usia Dini

Pada kegiatan pendidikan ini banyak sekali materi yang harus disampaikan oleh guru. Apa saja? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan lengkapnya dalam ringkasan materi pendidikan anak usia dini di bawah ini.

Pendidikan Anak Lahir – usia 3 tahun

Pengenalan Diri Sendiri
Hal pertama yang wajib diajarkan dalam pendidikan anak usia dini adalah pengenalan diri sendiri. Materi pendidikan yang satu ini dapat menumbuhkan kompetensi diri anak.

Hal ini didukung oleh pelajaran memecahkan masalah yang dimiliki untuk menolong diri sendiri. Tak hanya untuk diri sendiri, anak juga diajarkan untuk memiliki control atas apa yang terjadi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Pengenalan Perasaan
Sebagai anak yang baru tumbuh, tentunya anak belum memahami tentang perasaan dan situasi dari lingkungan sekitar. Melalui materi ini anak akan diajarkan cara berinteraksi dengan orang lain melalui permainan yang dilakukan.

Pengenalan Tentang Orang Lain
Tak hanya ilmu dan kognitifnya yang diperhatikan, kehidupan sosial anak di masa depan juga menjadi satu hal yang wajib untuk diperhatikan.

Permainan atau pelajaran yang menuntut anak untuk bekerja sama dengan orang lain akan menumbuhkan rasa sosialisme yang tinggi dengan cara saling membantu dan berbagi. Melalui cara inilah anak akan memiliki rasa empati yang tinggi dengan tingkat egosentrisme yang menurun.

Pengenalan Berbagai Gerak
Setelah mengasah otak dan kemampuan sosial, para pendidik juga memiliki kewajiban untuk memaksiamalkan perkembangan fisik.

Seperti yang kta ketahui bahwa anak usia dini belum memiliki tulang dan tingkat pergerakan yang luwes seperti anak-anak usia lanjut. Maka dari itu, penting sekali untuk mengembangkan perceptual motorik pada mata, motorik kasar, manajemen tubuh, dan lain sebagainya.

Pendidikan Anak Usia 3 – 6 Tahun

Tata Bahasa
Di usia ini anak wajib untuk diajarkan tentang keaksaraan seperti kosa kata, bahasa, pengetahuan, percakapan, fonologi, dan lain sebagainya.

Matematika
Selain bacaan, bilangan juga menjadi hal wajib untuk diajarkan kepada anak usia dini. Kemampuan matetika akan berguna bagi anak dalam kehidupan sosial dan bisnis.

Tak perlu materi yang terlalu sulit, cukup ajarkan tentang angka, pola dna hubungan, bangun ruang, geometri, data, pengorganisasian, dan masih banyak lagi.

Pengetahuan Alam
Meskipun otak anak masih dalam keadaan berkembang, anak wajib diajarkan tentang pengetahuan alam seperti sistem kehidupan di bumi dan langit. Selain itu, berikanlah gambaran yang ringan saja mengenai objek fisik dan sistem kerjanya.

Pengetahuan Sosial
Meskipun sudah diberikan pengarahan waktu usia bayi, tetapi anak tetap harus mendapat asupan ilmu empati terhadap orang lain. Berikan pemahaman bahwa sebagai makhluk sosial, setiap orang wajib untuk berinteraksi dengan baik dan sopan denga orang lain.

Seni
Selain kemampuan kognitif, materi pendidikan anak usia dini harus mencakup tentang kesenian agar kemampuan motorik anak dapat berkembang dengan baik.

Demikian ulasan lengkap mengenai materi pendidikan anak usia dini. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *